TIPS MEMULAI USAHA

Saya admin blog Sch-Share mengucapkan selamat menunaikan Ibadah Puasa 1433 H, Mohon maaf lahir dan Batin... :)
Gambar mencari ide usaha
Ilustrasi mencari ide usaha
by kang nanang




 Ingin memiliki usaha sendiri adalah sesuatu yang didambakan oleh setiap orang dalam hidup ini. Siapa sih orang yang enggak mau punya usaha, karena yang punya usaha itu artinya ada aliran pemasukan uang ke kantong ke kantong kita, dan dengan uang kita bisa menutupi apa saja yang menjadi keinginan kita.
Tetapi untuk memulai usaha bisa jadi sesuatu hal yang menyulitkan bagi siapa saja yang hendak merintis usaha dari awal. Sulit, tentu bagi kita yang menganggap memulai usaha itu sulit, tapi ada juga orang yang menganggap merintis usaha itu mudah. Artinya sulit mudahnya memulai usaha itu tergantung kepada diri kita sendiri apakah kita ingin punya usaha atau tidak (itu intinya).





Ada orang yang merasa takut untuk memulai usaha, yups! Takut rugi, takut modal tidak balik lagi, takut ini takut itu. Tapi bagaimana kita tahu bahwa sebuah usaha yang kita akan bangun akan mendatangkan kerugian apabila kita tidak mau mencobanya. Dan sebaliknya bagaimana kita pun tahu bahwa usaha yang kita bangun akan mendatangkan laba apabila kita tidak mau mencobanya. Logikanya kalau kita ingin tahu kalau yang namanya sambal itu pedas ya kita harus berani mencicipinya kan.
Kebingungan lainnya bagi mereka yang hendak memulai usaha adalah masalah cekaknya modal atau bahkan tidak ada modal sama sekali. Ini sebenarnya alasan klasik, toh usaha jaman sekarang ada yang bisa dibangun walaupun tanpa modal tapi menghasilkan, contohnya menjualkan produk milik orang lain, menjadi makelar jual beli tanah atau kendaraan atau apa saja yang bisa menghasilkan uang buat kita. Nah itukan usaha tanpa modal karena produk yang kita jual milik orang 

Mungkin tips memulai usaha dibawah ini bisa bermanfaat bagi kalian khususnya bagi pemula yang baru akan merintis sebuah usaha :

Mulailah bermimpi
Bermimpilah dulu dengan apa yang menjadi keinginan hidup Anda. Anda tentunya ingin hidup enak kan, punya uang dan dengan uang itu Anda bisa membeli apapun yang Anda inginkan.  Atau Anda memiliki impian memiliki usaha yang suksesnya seperti si A  atau si B atau si C. Intinya bangunlah usaha awal Anda dengan bermimpi.  Minimal bermimpi ingin sukses dalam usaha.

Munculkan niat yang kuat untuk mulai merintis usaha
Setelah Anda punya mimpi tentang usaha Anda dikemudian hari, tegaskan mimpi Anda itu dalam bentuk niat yang kuat untuk memiliki usaha yang Anda idam-idamkan. Terhalang oleh rasa TAKUT?? takut rugi atau takut ini atau takut itu. Solusinya  bro,  buang jauh-jauh perasaan takut yang menghinggapi kepala Anda. Anda tidak akan pernah tahu jika sambal itu pedas jika tak pernah mencicipinya. Artinya Anda harus tumbuhkan kebulatan tekat yang kuat untuk mencoba sesuatu usaha. Masalah jalan atau tidaknya usaha, rugi atau tidaknya usaha yang akan kita bangun biarkan itu menjadi nomor ke seribu, yang nomor pertamanya adalah  Anda harus bangun dari duduk Anda dan lakukan segera apa yang menjadi awal persiapan membangun usaha.

Tentukan jenis usaha yang Anda akan bangun
Jenis usaha apa yang Anda inginkan. Apakah Anda akan merintis usaha dibidang penjualan jasa atau usaha penjualan sebuah produk. Jika Anda memiliki keahlian/skill tertentu, tak ada salahnya kan jika kemampuan Anda dijadikan produk jasa yang bisa Anda jual. Anda ahli reparasi kulkas, tv, ac, atau alat elektronik lainnya, bukalah usaha jasa servis elektronik. Jika Anda ingin menjual sebuah produk non jasa, tentukan produk apa yang akan Anda buat. Anda memiliki resep kue yang eunak, apa salahnya jika kue itu yang dijadikan produk lalu Anda jual ke pasaran. Atau Anda ingin punya toko, buat konsep toko yang jelas dan seimbangkan dengan anggaran modal yang Anda miliki saat ini. Modalnya pas-pasan mas bro, bangun saja warung kecil-kecilan yang penting konsepnya harus jelas. Terbentur modal?? Tolong jangan jadikan alasan ya, modal bisa didapat dengan cara meminjam ke bank atau teman, atau kerabat atau mungkin ke mertua Anda he he he …..  Tapi ingat, yang namanya pinjaman suatu saat wajib hukumnya untuk dikembalikan.

Buat perencanaan usaha yang jelas
Ambil kertas dan pulpen lalu jawablah beberapa pertanyaaan berikut ini :
Anda akan membangun usaha apa. Jual jasa atau jual produk. Siapa  sasaran konsumen usaha Anda Butuh tempat usaha atau tidak. Jika butuh, di mana tempat atau lokasi usaha tersebut akan dijalankan. Tentukan juga peralatan apa saja yang dibutuhkan selama usaha Anda berjalan. Siapa saja yang bisa menjadi mitra usaha Anda. Rencanakan juga hal-hal lainnya terkait usaha yang akan Anda bangun.

Buat perencanaan modal
Berapa modal awal yang dibutuhkan, darimana sumber pendanaannya (sukur-sukur sih punya modal sendiri, jadi tak perlu meminjam sana sini).
Dan yang terakhir adalah wujudkan rancangan usaha yang sudah Anda buat, jalankan sepenuh hati, tekun, sabar, banyak berdo’a lalu kelolalah usaha Anda dengan baik. Anda bisa menimba pengalaman kepada orang lain yang memiliki usaha sejenis dengan Anda tapi orang tersebut telah memulainya sejak lama dan terlihat sukses dalam menjalankan usahanya.
Moga-moga tips memulai usaha sederhana ini bisa sedikit membantu sobat-sobat yang hendak memulai membangun usaha baru. Dan semoga sukses.


1 komentar:

Silahkan isi komentar dengan sopan dan NO SARA