KHASIAT DAUN SIRIH UNTUK MIMISAN

Saya admin blog Sch-Share mengucapkan selamat menunaikan Ibadah Puasa 1433 H, Mohon maaf lahir dan Batin... :)
by kang nanang
gambar daun sirih
Daun sirih

Mungkin sobat tahukan yang namanya DAUN SIRIH, apalagi kaum hawa pastilah tahu dan pernah melihat yang namanya daun sirih. Daun ini ternyata setelah diselidiki oleh para ahli kesehatan secara medis memiliki khasiat untuk mengatasi mimisan. Makanya judul posting saya kali ini tentang khasiat daun sirih untuk mimisan.

Kenapa daun sirih berkhasiat untuk menyembuhkan mimisan ?, Sirih merupakan jenis tanaman merambat yang termasuk dalam famili Piperaceae. Tanaman sirih memiliki banyak nama diantaranya seperti Betel (Prancis), Betelhe (Portugal), Jujiang (China) dan sirih tentunya sebutan orang Indonesia pada daun tersebut.
Daun sirih mengandung bahan kimia antara lain minyak esensial, hydroxycatechol, chavicol, chavibetol, eugenol, methyl eugenol, kariofilena, cadinene, estragol, terpennena, seskuiterpena, fenil propana, tanin, diastase, gula dan pati. (dilansir dari nzhealth - 14/01/2011).

Kandungan bahan-bahan kimia inilah yang membuat daun sirih dapat menghentikan pendarahan pada saat terjadi mimisan, tidak hanya pada mimisan saja, daun sirih juga dapat menghentikan pendarahan pada luka. Kandungan antiseptik yang tinggi pada daun sirih juga membuatnya banyak digunakan untuk mengobati bau badan dan mulut, menyembuhkan luka dan ruam pada kulit, serta mengobati keputihan pada wanita. 

Kandungan fenol yang terkandung pada daun sirih ternyata setelah dilakukan penelitian memiliki kemampuan lima kali lebih efektif sebagai antiseptik dibandingkan dengan fenol biasa.

Cara memakai daun sirih untuk mengatasi mimisan :
1. Gunakan satu lembat daun sirih yang digulung dan ditekan hingga mengeluarkan sedikit minyak.
2. Kemudian tutup lubang hidung yang berdarah dengan daun sirih.
3. Biarkan selama lima menit, ini akan membuat pendarahan cepat berhenti.

(detikhealth.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan isi komentar dengan sopan dan NO SARA